Cara Membuat Jadwal Belajar Yang Baik

Bagaimana cara membuat jadwal belajar yang baik? Ada beberapa hal yang harus kita pertimbangkan sebelum membuat jadwal pelajaran, sehingga cara membuat jadwal pelajaran ini tidak mengganggu waktu untuk pribadi dan untuk pelajaran, atau bisa adil dalam pembagian waktu.
Pelajar adalah manusia. Maka kita tidak bisa menghindarkan diri kita dari masalah waktu. Pelajar jangan
menjadi budak waktu, tetapi harus menjadi majikan waktu. Mereka harus memakai rintangan waktu dan 24 jam itu dengan sebaik-sebaiknya tanpa ada waktu yang berlalu dan terbuang dengan sia-sia. Pelajar mempunyai wewenang dan kekuasaan untuk mengatur waktu, bukan memiliki daya untuk mengendalikan perjalan waktu. Oleh karena itu, aturlah pembagian waktu belajar berdasarkan perjalanan waktu siang dan malam.
Masalah pengaturan waktu inilah yang menjadi persoalan bagi pelajar. Banyak pelajar yang mengeluh karena tidak dapat membagi waktu dengan tepat dan baik. Akibatnya waktu yang seharusnya dimanfaatkan, terbuang dengan percuma. Waktu berlalu tanpa makna. Prestasi pelajar yang diidam-idamkan yang di capai hanya tinggal harapan. Sebaliknya membuahkan hasil kekecewaan, oleh karna itu, betapa pentingnya bagi pelajar membagi waktu belajarnya dengan cara membuat jadwal pelajaran.
Cara membuat jadwal pelajaran yang baik
·         Memperhitungkan waktu setiap hari untuk keperluan-keperluan tidur, makan, belajar, mandi, olah raga dan lain-lain.
·         Melodiki dan menentukan waktu yang tersedia setiap hari.
·         Merencanakan penggunaan belajar. Untuk itu dengan cara menetapkan jen
·        
is-jenis mata pelajarannya dan urutan yang seharusnya dipelajari.
·         Menyelidiki waktu mana yang dapat digunakan untuk belajar dengan hasil yang baik.
·         Berhematlah dengan waktu, dan janganlah ragu-ragu untuk memulai pekerjaan, termasuk belajar.

Ada cara lain untuk membuat jadwal belajar. Cara membuat jadwal belajar adalah sebagai berikut:
1.   Tidur                                       :         8 jam
2.   Makan,mandi,olahraga              :         3 jam
3.   Urusan pribadi dll                     :         2 jam
4.   Sisa (a,b,c) buat belajar            :         11 jam

Waktu 11 jam ini digunakan untuk belajar disekolah kurang lebih 7 jam, Sedangkan sisa yang 4 jam digunakan untuk belajar dirumah/diperpustakaan. Kemudian mata pelajaran yang dipelajari untuk setiap harinya diatur atau ditentukan, sehingga pada hari tertentu (contoh tiap rabu) mempelajari mata pelajaran yang sama secara sunggah-sungguh. Hari minggu untuk rekreasi agar kesegaran badan yang sudah 6 hari digunakan untuk belajar itu, pada hari minggunya digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat.

Yang berikutnya kita akan sama-sama belajar membuat perencanaan jadwal pelajaran yang efektif. Cara membuat jadwal pelajaran yang baik harus efektif.
Rencana Jadwal Belajar Efektif
1.   Beri waktu yang cukup untuk tidur, makan dan kegiatan hiburan.
2.   Prioritaskan tugas-tugas.
3.   Luangkan waktu untuk diskusi atau mengulang bahan sebelum kelas.
4.   Atur waktu untuk mengulang langsung bahan pelajaran setelah kelas. Ingatlah bahwa kemungkinan terbesar untuk lupa terjadi dalam waktu 24 jam tanpa review.
5.   Jadwalkan waktu 50 menit untuk setiap sesi belajar. · Pilih tempat yang nyaman (tidak mengganggu konsentrasi) untuk belajar.
6.   Rencanakan juga “deadline”.
7.   Jadwalkan waktu belajarmu sebanyak mungkin pada pagi/siang/sore hari.
8.   Jadwalkan review bahan pelajaran mingguan.
9.   Hati-hati, jangan sampai diperbudak oleh jadwalmu sendiri!
Pesoalannya sekarang adalah berapa lama pelajar mempelajari setiap mata pelajaran.
1.   Semakin dewasa dan matang pikiran seorang pelajar, harus dapat belajar semakin lama.
2.   Semakin sukar suatu mata pelajaran, semakin panjang waktu pelajar itu seharusnya dapat mempelajarinya pada waktu tertentu.
Semakin lambat masa penghangatan seorang pelajar mempelajari suatu mata pelajaran, semakin lama ia harus mempelajarinya.
Itulah sedikit tips atau cara membuat jadwal pelajaran yang baik, saya hanya berbagi mudah-mudahan tips atau cara membuat jadwal pelajaran diatas bermanfaat.

1 comment:

  1. dapat menjadi referensi yg bagus nih mksih untuk informasinya

    ReplyDelete

Silahkan isi komentar, dan isikan alamat blog anda